About Me

Foto saya
pontianak, kal-bar, Indonesia
aq th ska ny bca bku, nynyi n bsket.....

Kamis, 29 November 2012

Meresume Kewirausahaan

B. STRATEGI MENJALANKAN USAHA
            Pada kenyataan dunia usaha, tidak ada suatu strategi usaha pun yang dapat menjadi patokan mutlak (absolut) untuk mencapai kesuksesan. Lingkungan ekonomi mikro dan makro yang selalu berubah, serta situasi dan kondisi lingkungan usaha yang tidak pasti merupakan alasan untuk hal ini. Hambatan yang dihadapi oleh seorang wirausaha harus selalu dievaluasi agar tetap bertahan d’tengah ketatnya persaingan bisnis.
1.   Faktor Penggerak Perusahaan
Dalam dunia usaha, ada banyak faktor penentu yang menjadi penggerakan perusahaan(driver of change), yaitu:
a.    Perubahan yang didorong oleh faktor ekonomi, misalnya:
1.     Tingkat pendapatan
2.    Pertumbuhan penduduk
3.    Perubahan kurs mata uang terhadap mata uang asing
4.    Krisis ekonomi dan moneter
5.    Perubahan kebijakan pemerintah
Perubahan ekonomi yang terjadi harus diamati dsan diantisipasi agar usaha tidak mudah gagal dan jatuh.
b.    Perubahan yang didorong faktor pasar,misalnya:
1.     Perubahan pola persaingan
2.    Perubahan gaya hidup dan prilaku pelanggan
3.    Perubahan karena pesaing melakukan inovasi dan menemukan produk baru
4.    Muncul pesaing baru dengan jaringan yang kuat dan terkenal sehingga mengubah peta persaingan dipasar
5.    Perubahan yang dimonitori oleh pesaing yang memasuki bisnis secara serentak karena ketertarikan pertumbuhan pasar, seperti faktor:
a)    Mudah mudah membuatnya
b)   Mudah menjualnya
c)    Mudah membangun bisnis tersebut
d)   Mudah mendapatkan bahan baku
e)    Modal yang tidak terlalu besar
f)    Dorongan dari pemerintah untuk membangun sektor bisnis ini
g)    Usaha besar melakukan waralaba, sehingga usaha cepat menjamur
c.    Perubahan yang digerakan oleh faktor perkembangan teknologi
Contoh perubahan karena perkembangan teknologi adalah telepon. Seiring perkembangan teknologi, muncul pula radio panggil(pager), lalu diikuti dengan telpon selular yang menawarkan fasilitas jauh lebih lengkap dibanding telpon tetap. Seorang wirausaha harus jeli dalam mengamati perubahan teknologi yang dapat mempengaruhi pasar dan perusahaan.
d.    Perubahan yang dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.
Kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksikan mengharuskan perusahaan memiliki strategi khusus agar perusahaannya dapat tetap berjalan. Perubahan cuca dan iklim sangat berpengaruh pada industri pertanian, perkebunan, dsb. Selain itu juga mempengaruhi biaya-biaya yang terjadi selama operasional perusahaan berlangsung, misalnya biaya pengiriman, biaya transportasi,dll.
2.   Pengaruh Perubahan terhadap Strategi Menjalankan Usaha
Perubahan strategi yang terjadi akan berdampak pada penerapan rencana dan strategi usaha. Perubahan ini memiliki 4 konsekuensi, yaitu:
a.    Perubahan akan menciptakan peluang dan perubahan
Perubahan dapat menghasilkan peluang apabila anda memiliki intuisi, naluri, dan hasrat untuk menemukan nya. Sebagai conto, adanya transportasi Transjakarta membuat pengrajin membuat miniatur Transjakarta. Miniatur tersebut menjadi buah tangan bagi pelancong yang berkunjung ke Jakarta.
b.    Perubahan akan menciptakan ancaman
CAFTA dapat menjadi ancaman bagi perusahaan-perusahaan karena produk cina harganya jauh lebih merah dibanding produk Eropa. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan market inovation and improvement strategi, misalnya mencari pasar yang benar-benar baru.
c.    Perubahan dapat melemahkan daya saing dan kondisi perusahaan.
Perubahan-perubahan yang dapat melemahkan posisi perusahaa, antara lain:
1)    Adanya peraturan baru mengenai pengurangan kadar nikotin bagi industri rokok kretek.
2)   Adanya peraturan yang mengharuskan perusahaan memiliki 1 kendaraan atas nama perusahaan, dan uji emisi untuk perusahaan transportasi yang kendaraannya tidak terlalu produktif.
3)   Adanya peraturan mengenai pengurangan kadar pengeras tahu yang diterapkan untuk produsen tahu diindonesia.
Perubahan strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan market defense or innovative strategy.
d.    Perubahan dapat memperkuat kondisi, daya saing, dan strategi
Contohnya:
1.     Himbauan dari pemerintah tentang penggunaan obat generik disetiap puskesmas akan memperkuat daya saing perusahaan farmasi yang bergerak dibidang obat-obatan generik
2.    Pembatasan area dan jarak tertentu dalam pendirian hypermarket dan supermarket dikota-kota akan memperkuat strategi bisnis toko klontong dan minimarket didaerah.
Strategi yang sering digunakan adalah market penetralion strategi atau strategi penetrasi pasar yang lebih dalam dan lebih luas lagi.

Essay:
1.     Sebutkan faktor penggerak perubahan?
2.    Sebutkan perubahan yang didorong oleh faktor pasar?
3.    Apa yang dimaksud dengan customer insight?
4.    Berikan contoh perubahan yang dapat menciptakan peluang?
5.    Berikan contoh perubahan yang dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan?
6.    Perubahan dapat memperkuat kondisi, daya saing, dan strategi biasa menggunakan  strategi?